cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KECEPATAN TERHADAP KAPABILITAS KONEKSI MATEMATIS SISWA Nuriana R. Dewi; Mulyono Mulyono; Miftah Fathur Rahmi P
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4389

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran PACE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas X. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas di Banyumas tahun pelajaran 2018/2019. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol dipilih secara acak kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis tes kemampuan koneksi matematis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji t, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil dari dari penelitian ini adalah pembelajaran PACE efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas X. 
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI SISWA SMP NEGERI 2 JABUNG LAMPUNG TIMUR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Safitri Yani; Dian Nuzulia Armariena
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri 2 JABUNG Lampung Timur dengan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 JABUNG Lampung Timur, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi menulis surat resmi dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis surat resmi. Hal tersebut dapat dilihat dari data nilai pada setiap siklus yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat resmi. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I sampai siklus II. Persentase jumlah siswa yang tuntas pada saat prasiklus adalah 8 siswa atau 26,6%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 17 siswa atau 56,6% dengan nilai rata-rata 69,4. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa atau 96,7% dengan nilai rata-rata 76,8.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK DI SDN PABUARAN 2 KOTA TANGERANG Devy Anggraeni; Heni Pujiastuti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4375

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, maka untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Pabuaran 2 yang berada di kota Tangerang digunakanlah alat peraga matematika yaiu dekak-dekak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Perlakuan yang digunakan berawal dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, kemudian refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV di SDN Pabuaran 2 kota Tangerang yang berjumlah 20 orang. Sumber data yang diperoleh melalui tes awal, tes akhir, observasi, dan wawancara. Materi yang digunakan dalam tindakan kelas yaitu KPK dan FPB. Tes awal yang dilakukan sebelum menggunakan dekak-dekak yaitu 11,54%, sedangkan setelah menggunakan alat peraga dekak-dekak ada peningkatan mencapai 84,62%, kemudian hasil proses kegiatan guru presentase rata-rata 89,09%. Hasil observasi terhadap kegiatan siswa presentase rata-ratanya 85,4%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar matematika pada materi KPK dan FPB di kelas IV SD Negeri Pabuaran 2 kota Tangerang meningkat menggunakan alat peraga dekak-dekak.
KEKERASAN PADA ANAK USIA DINI (STUDY KASUS PADA ANAK UMUR 6-7 TAHUN DI KERTAPATI) Tri Sella Margareta; Melinda Puspita Sari Jaya
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4386

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak kekerasan orang tua terhadap anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode study kasus, objek penelitian ini adalah anak yang mengalami kekerasan dari orang tua terdiri dari 1 (satu) orang. Data yang dianalisi adalah observasi, wawancara, dokumetasi mengenai “Kekerasan Pada Anak Usia Dini”(Study Kasus Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di Daerah Kertapati. Hasil penelitian ini memiliki dampak buruk bagi anak yaitu kesehatan mental maupun fisik anak pertumbuhan dan perkembangan anak akan berbeda dengan anak pada umumnya. Dampak yang dialami anak dari kekerasan yang dilakukan oleh orangtua adalah kurangnya motivasi atau harga diri, mengembangkan perilaku agresif atau jadi pemarah pada saat dilingkungan diluar rumah dan menjadi pendiam pada saat di dalam rumah, sering tidak napsu makan, dan merasakan sakit pada fisik setelah menerima kekerasan dari orang tua.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA N 20 PALEMBANG Selly Parela; Erma Yulaini; M Toyib
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.3642

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true ekperimental design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan dummy variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t” tes. Dari hasil penelitian kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020.
UPAYA MENINGKATKAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SMPN 2 BUAY BAHUGA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MEDIA GAMBAR Eppy Marlina
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4376

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII SMPN 2 Buay Bahuga melalui penerapan strategi pembelajaraan inquiri dengan media gambar dan hasil peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMPN 2 Buay Bahuga dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Buay Bahuga, dengan jumlah sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan metode pembelajaran inquiri pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis karangan narasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dan dapat membantu siswa dalam mengembangkan imajinasinya dibuktikan dari hasil mengarang siswa dari prasiklus sampai siklus II. Siswa yang tuntas pada saat prasiklus adalah 9 siswa atau 27%. Pada siklus I, meningkat menjadi 19 siswa atau 57,5% dengan nilai rata-rata 71,9. Pada siklus II siswa yang tuntas 32 siswa atau 96,7% dengan nilai rata-rata 76,96.
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA SMP NEGERI 47 BATAM Linda Linda
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4387

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran berkirim salam dan soal terhadap keterampilan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 47 Batam. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti dari meningkatnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari sebelum diterapkan dan sesudah diterapkannya teknik pembelajaran berkirim salam dan soal yaitu nilai rata-rata siswa sebelum diterapkan adalah 72,28 dan rata-rata nilai siswa sesudah diterapkannya adalah 86. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil tes awal dan tes akhir diperoleh = 14,83 dan dengan taraf signifikan 5% dan db = 34 diperoleh = 2,0336. Dengan demikian ternyata , maka hipotesis tentang “Terdapat pengaruh teknik pembelajaran berkirim salam dan soal terhadap keterampilan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 47 Batam.” Diterima.
SISTEMATIKA a PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING DIRUMAH LEWAT TELEVISI SAAT TERJADINYA COVID-19 Shinta Amelia; Titin Tursina; Sibghatun Nikmah; Fuaddilah Ali Sofyan
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4141

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeksripsikan sistematika penilaian autentik dalam pembelajaran daring dirumah lewat televisi saat terjadinya covid 19 sebagai alternatif pemecahan masalah dalam penilaian autententik saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar kegiatan yaitu penilaian autentik pada siswa yang bernama Aldy Prayoga kelas 6 di SDN 3 Surya Adi kec. Mesuji. kab. OKI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran daring pada saat ini cukup membantu meskipun kurang efektif dalam proses pembelajaran, (2) sistematika pembelajaran autentik disesuaikan dengan kondisi pada saat proses pembelajaran karena penilaian ini dilakukan dengan menggunakan daring, (3) sistematika pembelajaran lewat televisi pada saat ini cukup baik meskipun lebih efektif apabila pembelajaran dilakukan di sekolah (4) kendala yang dihadapi saat belajar daring dirumah adalah mati lampu, memerlukan paket data internet dan pembelajaran lebih sulit.
PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMA NEGERI 2 TUNGKAL JAYA Setiyani Setiyani
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adakah pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak113. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas X.1 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data tes menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes (kelas eksperimen) yang menggunakan model experiential learning dalam kemampuan menulis puisi adalah 82,22 lebih tinggi dibandingkan (kelas kontrol) yang tidak menggunakan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi dengan nilai rata-rata hasil tes adalah 77,48. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan pembelajaran model experiential learning.
SENI REJUNG SEBAGAI BAHAN MATERI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL PROVINSI SUMATERA SELATAN Fadhilah Hidayatullah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i2.3975

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengetahuan dan wawasan seni rejung. Hasil penelitiannya menghasilkan susunan materi yang dapat diterapkan pada pembelajaran muatan lokal provinsi Sumatera Selatan. Karena terdapat nilai-nilai kearifan lokal yang patut dipelajari oleh peserta didik. Adapun materi yang dibahas pada artikel ini adalah teknik menembangkan seni rejung, cara pembawaan seni rejung, syair seni rejung, dan irama pada seni rejung.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue